The Biggest "Sport for All" Event

“mari bersama tera untuk menjaga jasmani kita,….. “

Inilah sebagian bait Mars Senam Tera Indonesia yang selalu di nyanyikan oleh para peserta saat sebelum melakukan senam, Mars ini  menambah semangat bagi peserta yang akan melakukan Senam Tera.

Sejak pukul 6 pagi, para peserta lomba Senam Tera Indonesia sudah memenuhi arena Parkir Timur Senayan, dimana senam ini dilombakan pada hari ketiga pelaksanaan FORNAS 2011. Para peserta dengan antusiasnya melakukan latihan sebelum mengikuti lomba. Mereka tidak henti-hentinya mengulangi gerakan  untuk menghasilkan hasil yang maksimal dalam perlombaan nantinya.

Menurut ketua panitia lomba senam Tera, ibu Sukarno, perlombaan ini baru kali pertamanya diperlombakan dalam skala nasional, kedepan “

kami akan melelakukan penilaian yang lebih baik dari saat ini” jelasnya.

Sebanyak 98 regu  ikut serta dalam perlombaan ini, kesemuanya berasal dari perwakilan daerah yang ada di Indonesia, untuk memperebutkan  9 posisi juara ,yakni  juara utama 1, 2 dan 3, juara Favorit 1,2 dan 3 dan Juara Harapan 1,2 dan 3.

Senam Tera sebenarnya memiliki kemiripan dengan senam Tai chi, yang membedakan adalah beberapa gerakan dan seni pernafasannya. Senam Tera yang berasal asli dari Indonesia sejak berdiri pada tahun 1987 sudah banyak diminati, meskipun tidak terbatas usia anggota senam Tera Indonesia umumnya adalah mereka yang sudah berusia 40 tahun keatas.

Disela perlombaan senam, ibu Sukarno menjelaskan, kata Tera sendiri dari kata terapi yang berarti olah raga yang berfungsi sebagai terapi. tujuan dari senam tera adalah untuk kebugaran. Senam Tera mempunyai banyak manfaat, salah satunya dari setiap gerakannya yakni, gerakan peregangan yang bertujuan untuk meregangkan otot sebelum melakukan gerakan senam, gerakan persendian yakni menggerakan seluruh persendian yang mempunyai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Sedangkan yang terakhir adalah gerakan pernafasan yang mengadaptasi dari senam Tai Chi oleh karena itu gerakan/jurus Senam Tera Indonesia lembut dan rileks. Oleh karena itu tidaklah mengherankan bila senam tera dapat diikuti oleh semua lapisan baik anak-anak, dewasa dan orang tua. Prinsip-prinsip gerakan yang mendasari Senam Tera Indonesia adalah : Gerak Ringan dan Lentur, Gerak lambat, Gerak Melingkar, Gerak Yang Ajek dan gerak Tidak terputus. (Boyke)

Ayo Terawan dan Terawati bersemangat, teriaknya saat peserta lomba pertama memasuki arena lomba.

Terawan dan Terawati adalah sebutan buat anggota Senam Tera. Dalam perlombaan ini ada pesan yang ditekankan untuk semua peserta, yaitu Semangat, Sportif dan tetap bersemangat, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: