The Biggest "Sport for All" Event

Sekitar 22 Perguruan Pencak Silat dari Jakarta, Banten, Cimande, Jawa Barat, hingga Tegal Jawa Tengah akan meramaikan ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional atau Fornas 2011 yang dipusatkan di Parkir Timur Senayan. Festival Pencak Silat untuk mengembangkan budaya bangsa ini dimulai Jumat siang hingga hari Minggu

mendatang. Dasar penilaian akan ditentukan, melalui 3 Kategori yakni Wiraga atau gerakan, Wirama yang artinya keserasian gerak dan irama serta kekompakan Tim, serta Wirasa yakni penghayatan peserta terhadap pencak silat itu sendiri. Penilaian diprioritaskan pada pengembangan Pencak Silat dari masing-masing padepokan silat.

Hal inilah yang menjadi perhatian utama para peserta, termasuk Perguruan Pencak Silat Cimande atau PPSC Jawa Barat yang banyak didominasi Pesilat muda belia, seperti Ficky, Evan dam Ilham yang masih berumur 14 Tahun. Mereka mengaku memilih Pencak Silat karena nilai luhur yang terkandung didalamya bukan sekedar kemampuan bela diri.DI PPSC misalnya terdapat 14 aturan yang tidak boleh dilanggar seperti taat pada Tuhan dan orang tua, tidak boleh mencuri, tidak boleh berzina serta Pencak Silat bukan untuk ugal-ugalan. Untuk itu, dalam Fornas kali ini mereka akan meninjolkan jurus-jurus khas Cisadane, yang lebih mengembangkan Pencak Silat sebagai Budaya Bangsa, “kami akan memberikan yang terbaik, dengan mengutamakan ciri khas Cisadane”,ujar Evan.(ery)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: