The Biggest "Sport for All" Event

PRESS RELEASE – 6 OKTOBER 2011 – DAY 1.

SEMARAK DAN ANTUSIASME PEMBUKAAN FORNAS 2011.

 

MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA, Andi Mallarangeng, Kamis (6/10) secara resmi membuka Festival Olahraga Rekreasi Nasional, FORNAS 2011, yang deselenggarakan di Parkir Timur Senayan.  Festival yang mengambil tema “Sport for All” ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan, selain bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional, FORNAS juga bertujuan untuk mencari atlet berbakat yang akan di ikutsertakan dalam ajang Olimpiade Olahraga Rekreasi Dunia yang dinaungi oleh TAFISA, The Association of International Sport For All. Selain Menpora, hadir dalam acara pembukaan, Ketua KONI Pusat yang juga menjabat ssebagai ketua KOI, Rita Subowo, Ketua Umum FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia), Haryono Isman dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferial Sofyan.

FORNAS kali ini  terbagi dalam 25 cabang olahraga, 18 cabang diperlombakan dan 7 cabang ekshibisi atau demonstrasi, serta 5 Festival dengan Kategori Modern Sport, Massive Sport, Traditional Sport & Game dan Challenge Game. Pada hari pertama, 6 Oktober 2011, digelar Demonstrasi dan Perlombaan Benjang, Gulat Tradisional Khas Bandung, selain itu di gelar pula perlombaan Senam Kreasi Daerah, Senam Aerobic Marathon, Lomba B-Boy dan Demontrasi Gate Ball.

Pertandingan Gulat Tradisional Benjang diikuti oleh 69 peserta, yang berasal dari Cianjur, Kabupaten Bandung, Sukabumi, dan Sumedang. Para peserta terbagi dari beberapa kelas, yakni  kelas 43 kg, 48 kg, 49 kg, 55 kg,  56 kg,  60 kg dan kelas bebas.  Penyisihan mempergunakan system gugur, dimana peserta yang terjatuh sekali dalam posisi terlentang, akan dinyatakan kalah. Selain peserta pria,  kejuaraan Gulat Benjang ini, juga diikuti oleh kaum wanita. Benjang masih akan diperlombakan sampai dengan hari kedua, Jum’at 7 Oktober.

Gate Ball cukup mendapat perhatian  antusias di arena Festival Olahraga Rekreasi nasional 2011, meskipun baru dilakukan perlombaan ekshibisi, setidaknya terdapat 62 peserta dari 5 Kelompok yang ikut meramaikan ekshibisi Gate Ball di Fornas 2011 ini. Antara lain, Tim  Bumerang dari Tangerang Banten, Tim Senja Usia Cinere dari  Jakarta selatan,  Tim Gupita Puspa PLN dari  Gandul Cinere, Tim Delta Depok serta  Tim Permata Cibubur. Ketiga tim, antara Senja Usia Cinere, Bumerang dan Guspita Puspa saling berbagi angka , karena pertandingan ini hanya bersifat ekshibisi dan tidak bertujuan  menentukan juara dalam kompetisi ini.

Diperlombakan juga pada hari pertama FORNAS, Senam Kreasi Daerah, yaitu senam kesehatan yang dipadu dengan gerak tarian daerah khas masing-masing. Senam gubahan dari seni tari tradisi ini berdurasi antara 15-20 menit, yang tak saja bermanfaat bagi kesehatan namun juga bertujuan melestarikan seni budaya daerah. Salah satu grup peserta, memadukan gerak tari tradisi Melayu dengan gerak senam kesegaran jasmani dengan musik pengiring mempergunakan gendang Melayu. Cabang ini diiikuti 9 grup peserta dari daerah Jakarta, Banten, Jawa Barat, Riau dan Makassar, dan berhasil keluar sebagai juara pertama, Grup Kreasi Daerah dari Jakarta Barat, Juara kedua dari Jawa Barat dan tempat ketiga dari Provinsi Banten.

Perlombaan yang akan dilaksanakan pada hari kedua FORNAS 2011, Jumat 7 Oktober, antara lain, Lomba Senam Taeqi Quan, Festival Pencak Silat, Lomba Benjang, Demonstrasi Parkour, Lomba 3 On 3 Basket, Lomba Skateboard, Inline Skate, B-Boy dan Gate Ball. FORNAS masih  berlangsung sampai dengan Minggu 9 Oktober, di mulai pukul 7 pagi setiap harinya, berbagai olahraga tradisional yang unik dan menarik akan diperlombakan.

 

PR & MEDIA RELATION

Mutie – 08111983669 / 083897999688

Email : hilda@pentatonecreative.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: