The Biggest "Sport for All" Event

Layaknya Perempuan pada umumnya, Tarti dan Rahma atau lebih dikenal sebagai  Emong, tampak  lemah lembut. Namun, setelah memegang “Sumpitan”, Senjata tiup khas Kalimantan Timur, terlihat jelas keahlian dan kemampuannya yang luar biasa. Hampir setiap Saha, sejenis jarum terbuat dari Kayu Ulin, selalu menancap di sasaran berjarak 20 meter.

Sumpitan sendiri merupakan Senjata khas Kalimantan Timur, berupa kayu Ulin sepanjang rata-rata 2 meter, dengan menggunakan jarum sebagai peluru. Dibutuhkan Nafas cukup kuat untuk meluncurkan saha sehingga tepat sasaran. Seiring berjaalnnya waktu,  Sumpitan kerap dilombakan di Kalimantan Timur, termasuk berlaga dalam Festval Olahraga Rekreasi Nasional 2011 kali ini, meskipun masih dalam kategori perlombaan ekshibisi.

Rahma atau Emong mengaku sejak kecil belajar Sumpitan. ” Saya sering menggunakan keahlian saya untuk berburu rusa di Kalimantan Timur”, tutur rahma. Sementara sebagai salah satu cabang olahraga, Rahma pernah menjuarai berbagai lomba Sumpitan di Kalimantan Timur. Tidak heran Sumpitan tidak pernah lepas dalam sejarah hidupnya, apalagi kemampuan menggunakan Sumpitan bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, selain sebatas kegemaran dan keahlian,  Untuk itu sumpitan perlu dilestarikan dan dikembangkan di masa mendatang.

Jadi, hati-hati, jangan mencoba untuk menggoda atau menganggu, kalau tidak ingin terkena tiupan Sumpitan… (Ery)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: