The Biggest "Sport for All" Event

Kesenian tradisional Tionghoa yang sangat popular dikalangan masyarakat Tionghoa pada khususnya merupakan suatu kesenian yang mengacu pada seni olahraga. Didalam hal ini banyak sekali kesenian tradisi Tionghoa yang salah satunya pada bidang olahraga salah satu diantaranya adalah kesenian Barongsai dan Liong. Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai biasa dimainkan bersama dengan Liong (naga) dan Say (kepalanya terbentuk dari perisai bulat, dan dihias menyerupai barongsai berikut ekornya). Kesenian Barongsai dan Liong ini merupakan kesenian yang sudah terhitung lama dan sampai saat ini pula masih sangat digemari oleh masyarakat Tionghoa khususnya para Pemuda-Pemudi bahkan sampai ke anak-anak. Kesenian Barongsai dan Liong merupakan sebuah kesenian yang sangat klasik tetapi membawakan sebuah hiburan yang sangat menyenangkan bagi para penonton ataupun yang melihat atraksi Barongsai dan Liong tersebut.
Kesenian barongsai diperkirakan masuk di Indonesia pada abad-17, ketika terjadi migrasi besar dari Cina Selatan. Banyaknya perkumpulan barongsai yang bermunculan. Membawa dampak banyaknya pula kaum muda pribumi Indonesia yang ikut serta. Saat ini barongsai di Indonesia sudah dapat dimainkan secara luas, bahkan telah meraih juara pada kejuaraan di dunia.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kesenian atau seni ketrampilan dalam permainan Barongsai membutuhkan keahlian khusus dan tentunya dengan latihan yang rutin dapat menjadikan para pemain yang terlibat didalamnya menjadi mahir dan terampil. Dalam melakukan permainan Barongsai, dibutuhkan kejelian dan ketangkasan yang tentunya di dapat dari hasil latihan yang rutin serta tanggap dalam mengenal medan atau arena tempat bermain, dikarenakan permainan Barongsai harus dapat dilakukan di segala medan, ataupun arena, atau bahkan dilapangan dan juga di tempat yang luasnya amat minimalis.

sumber : wikipedia dan chinglung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: