The Biggest "Sport for All" Event

TEROMPAH PANJANG

Bakiak atau Terompah Panjang atau yang sering disebut terompa galuak di Sumatera Barat adalah terompah deret dari papan bertali karet yang panjang. Sepasang ‘bakiak’ minimal memiliki tiga pasang sandal atau dimainkan tiga anak. Terompah Panjang sebenarnya permainan tradisional anak-anak di Sumatera Barat. Anak-anak dari Sumatera Barat yang dilahirkan hingga pertengahan tahun 1970-an, sering dan biasa memainkan bakiak atau terompah panjang ini.
Bahkan Terompah Panjang ini menjadi salah satu mata acara permainan yang dilombakan dalam 17 Agustusan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI baik di tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan bahkan tingkat Nasional. Memainkan Terompah Panjang biasanya secara berkelompok atau tim, yang masing-masing tim berlomba untuk sampai ke finish.
Sayangnya, permainan tradisional ini tidak lagi dikenal dan dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang. Padahal permainan tradisional ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi, ketangkasan, kepemimpinan, kerja sama, kreatifitas, wawasan serta kejujuran dan pastinya sangat menyenangkan.

sumber : kidnesia.com, risyazkiya.blogspot.com
images : antarafoto.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: