The Biggest "Sport for All" Event

TARIK TAMBANG

Tarik tambang adalah salah satu lomba yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Pertandingan melibatkan dua regu, dengan 5 atau lebih peserta. Dua regu bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Masing-masing regu berupaya menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah.
Taktik permainan terletak pada penempatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tumpuan kaki di tanah. Pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada saat penarikan. Dibutuhkan kekuatan dan koordinasi untuk dapat mengerahkan tenaga yang tepat pada waktu yang sama. Sebuah tim yang kompak lebih baik dari sebuah tim yang tidak kompak meskipun anggotanya lebih bertenaga. Permainan ini dimainkan pria dan wanita. Pesan dari permainan ini adalah kerjasama. Karena kekompakan dan persatuan adalah salah satu modal kemerdekaan.
Olahraga tarik tali tambang ternyata pernah menjadi salah satu cabang olahraga di olimpiade musim panas. Tarik tambang pernah menjadi cabang olahraga di olimpiade tahun 1900 hingga 1920. Namun sayangnya kini cabang tarik tali tambang tidak lagi diperlombakan di olimpiade musim panas. Padahal permainan yang memerlukan kekompakkan ini merupakan permainan yang mengasikkan.

sumber : wikipedia.org, tujuhpedia.com, andriewongso.com

Comments on: "TARIK TAMBANG" (2)

  1. ayo berusaha sekuat mungkin supaya jadi juara.

    andre

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: