The Biggest "Sport for All" Event

Panjat Enau Diminta Tampil di FORNAS 2011

JAKARTA – Hidup sehat mulai membudaya menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta. Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan juga mulai mengenal gaya hidup modern dengan seperti olahraga bersepeda. Namun selain olahraga modern, olahraga tradisional diharapkan juga dapat terus eksis di kalangan masyarakat sebagai upaya mempertahankan budaya daerah.

Sebagai salah satu upaya untuk terus membudayakan gaya hidup sehat dengan olahraga, kini mulai dikembangkan olahraga rekreasi. Salah satu upaya memperkenalkan olahraga rekreasi adalah dengan diadakannya rangkaian kegiatan olahraga rekreasi bertajuk Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) 2011. Tak hanya olahraga modern, olahraga tradisional seperti Panjat Enau yang merupakan budaya masyarakat Banjar Kalimantan Selatan juga diberikan kesempatan untuk tampil dalam festival yang diprakarsai oleh Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) tersebut.

Divisi Promosi FORNAS 2011 Utami Septi Dewi mengatakan, berdasarkan jadwal yang telah disusun, Fornas akan berlangsung 6-9 Oktober 2011. Kegiatan selama 4 hari tersebut bertempat di Parkir Timur Gelora bung Karno Senayan. “Ini merupakan event olahraga rekreasi tingkat nasional pertama di Indonesia yang akan menjadi sarana bagi masyarakat Indonesia untuk membudayakan kreativitas di bidang olahraga. Kita memulai dengan memperkenalkan kembali kepada masyarakat beragam cabang olahraga rekreasi yang melibatkan masyarakat luas dan merangsang masyarakat Indonesia untuk menjadikan olahraga rekreasi sebagai salah satu gaya hidup,” terangnya di Jakarta, Minggu (24/7).

Perempuan yang akrab disapa Tami ini menambahkan, konsep yang akan diusung pada Fornas 2011 adalah sportainment yang merupakan perpaduan dari olahraga dan hiburan. Ada 30 cabang olahraga rekreasi yang akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, baik perwakilan cabang olahraga dari daerah maupun perwakilan daerah yang akan menampilkan olahraga tradisional asli daerahnya.

“Jadi untuk warga dari seluruh daerah di Indonesia bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini termasuk masyarakat Kalsel dengan olahraga tradisional Panjat Enau,” cetusnya.

Sementara itu Penanggung Jawab Olahraga Tradisional untuk FORNAS 2011 Herman berharap keikutsertaan kontingen dari Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Olahraga tradisional Banjarmasin, Panjat Enau atau Naik Sigai telah beberapa kali meraih penghargaan diantaranya sebagai Penyaji Terbaik I dalam Festival Olahraga Tradisional (FOT) Tingkat Nasional IV Tahun 2005 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Khusus untuk kontingen Banjarmasin saya harap bisa ikut tampil membawakan olahraga Panjat Enau agar terus dikenal oleh masyarakat dari seluruh Indonesia bahkan dikenal menjadi warisan budaya oleh masyarakat internasional,” harapnya.

Tak hanya kontingen dari Banjarmasin, kontingen dari daerah lain di Indonesia diharapkan juga dapat ikut berpartisipasi pada festival yang akan digelar Oktober 2011 mendatang. Sekadar diketahui, ada beberapa kategori yang akan tampil pada FORNAS 2011. Untuk kejuaraan ada beberapa cabang yang akan digelar seperti modern sport dan tradisional sport. Untuk modern sport beberapa jenis olahraga seperti BMX, Skateboard, Inline Skate, dan Cheerleader akan ditampilkan. Untuk tradisional sport, beberapa jenis yang akan ditampilkan antara lain Liong dan Barongsai, Pencak Silat Budaya, dan olahrga tradisional lainnya.

Ditulis oleh: Tatas Dwi Utama
Diterbitkan di: Jawa Post National Network
Senin, 25 Juli 2011
link: http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=98893

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: