The Biggest "Sport for All" Event

Banyak cara untuk membuat badan kita sehat, mulai dari pola makan, pola hidup sehat dan lainnya. Salah satu yang mungkin perlu di coba adalah Senam Taiji Quan yang merupakan perpaduan olahraga seni gerak dan olah pernafasan. Seni pernafasan yang berasal dari budaya China ini nampaknya sangat diminati oleh masyarakat Indonesia baik yang masih muda maupun yang sudah lanjut usia. Pemandangan ini yang tampak terlihat di arena Parkir Timur Senayan, Sabtu 8 Oktober, pada  perlombaan Senam Taiji Quan 24 Gaya dan Dong Yue Taiji Quan, yang menjadi salah satu cabang senam yang diperlombakan dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional 2011.Peserta yang berasal dari berbagai perwakilan daerah seluruh Indonesia ini tampak sangat bersemangat, dan sudah mulai berlatih sejak pukul 5.30 WIB.

Menurut Leila Lylie salah satu ketua panitia perlombaan Senam Taiji Quan, penilaian perlombaan ini akan ditekankan pada keserasian gerak dan pernafasan, “sedikit rumit memang dalam penilaian ini, tapi bagi kami inilah salah satu tantangannya” tegasnya.

Saat ini senam Taiji Quan sudah berusia lebih dari 30 tahun, tutur Leila,

senam ini awal berdiri di Indonesia sangatlah sulit dan dilakukan sembunyi-sembunyi, karena pada jaman Orde Baru berkuasa senam yang berasal dari negeri cina masih dilarang, bahkan musik pengiring senam ini dahulu menggunakan lagu Indonesia Raya dan Rayuan Pulau Kelapa, hal ini dilakukan untuk membuktikan kecintaan kami terhadap Indonesia”, imbuhnya

Saat ini senam Taiji Quan sudah diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, terlihat dari jumlah peserta yang berpartisipasi sudah cukup banyak. Sedikitnya ada 23 regu, dimana satu regu ada 5 orang peraga. Menurut Leila, dalam perlombaan  kali ini panitia tidak akan banyak melakukan kriteria, baru pada perlombaan-perlombaan berikutnya baru akan ada penilaian yang lebih detail. (boyke)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: